Monday 2 January 2023

5 Negara dengan Musim Dingin yang Ekstrem, Berani Traveling ke Sini?

Travelling Time - Akhir dan awal tahun memang menjadi momen dingin yang cukup diincar oleh banyak turis. Apalagi bagi para turis yang berasal dari negara-negara tropis, sehingga musim dingin seolah menjadi hal favorit. Tentunya ini hanya akan diperoleh apabila berkunjung ke negara-negara dengan empat musim.

Setiap negara dengan empat musim juga memiliki suhu yang berbeda-beda. Bahkan ada pula negara-negara yang memiliki musim dingin ekstrem. Meski titik terdingin di Bumi berada di Benua Antartika, tapi lima negara berikut ini juga memiliki musim dingin yang tak kalah ekstrem, lho.

1. Rusia

Berbicara mengenai negara terdingin di dunia memang tak lengkap jika tak menyertakan Rusia sebagai salah satunya. Namun, Rusia juga merupakan negara yang sangat luas, sehingga tidak semua bagian negaranya memiliki musim dingin yang ekstrem.

Salah satu daerah di Rusia bernama Oymyakon di Serbia merupakan kawasan dengan musim dingin ekstrem. Pada Februari 1933 saja suhu di sana mencapai -68 derajat Celsius. Saat ini, suhunya bahkan bisa mencapai -52 derajat Celsius, lho. Meski begitu, masyarakat lokal di sana sudah terbiasa dengan suhu ekstrem di setiap musim dinginnya.

2. Kanada

Kanada juga menjadi salah satu negara dengan musim dingin yang cukup ekstrem. Memang tidak semua kawasan di Kanada mengalami musim dingin yang parah. Bahkan, ada beberapa kawasan yang sangat panas di musim panas.

Kota Snag di Yukon bahkan pernah mencapai suhu -63 derajat Celsius pada Februari 1967. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri untuk mengunjungi kota tersebut pada saat musim dingin, karena suhunya yang sangat ekstrem.

3. Amerika

Serupa dengan Kanada, Amerika Serikat juga memiliki beberapa negara bagian dengan musim dingin yang ekstrem. Meski secara umum biasanya suhu rata-rata di Amerika pada musim dingin sekitar 0,7 derajat Celsius. DominoQQ

Prospect Creek Camp di Alaska juga pernah mencapai suhu ekstrem, yaitu -62 derajat Celsius pada januari 1971. Tentunya hal ini terus terbawa pada musim-musim dingin selanjutnya, sehingga cukup menarik jika ingin mengunjunginya.

4. Mongolia

Mongolia menjadi negara yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat musim dingin. Alasannya karena suhu musim dingin yang ekstrem dan dapat memberikanmu banyak pengalaman menarik. Apalagi jika kamu tertarik untuk melihat salju-salju yang tebal dan banyak.

Pada musim dingin saja suhu rata-rata di Mongolia mencapai -15 hingga -30 derajat Celsius. Bahkan Provinsi Tsetsen Uul di Mongolia pernah mencatat suhu terdingin mencapai -54,7 derajat Celsius pada Februari 2021.

5. Norwegia


Jika dilihat lebih jauh, sebetulnya hampir seluruh kawasan Norwegia dikelilingi oleh pesisir pantai. Hal ini semestinya membuat Norwegia memiliki suhu yang hangat, tapi sayangnya hal tersebut tidak terjadi. Alasannya karena posisi Norwegia yang terletak di lingkaran Arktik.

Hal ini dapat membuktikan bahwa semakin jauh kamu pergi ke bagian utara, maka akan semakin dingin suhu di sana. Meski rata-rata suhu musim dinginnya sekitar 1,5 derajat Celsius, tapi salah satu wilayah bernama Karasjok justru mengalami penurunan suhu mencapai -51 derajat Celsius saat memasuki abad ke-20.

Berbagai negara tersebut bisa menjadi opsi menarik jika kamu ingin menikmati suasana musim dingin yang ekstrem. Meski mungkin sedikit menyulitkan proses traveling-mu, tapi perjalanan ke negara-negara tadi bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Berminat traveling ke salah satu negara di atas?

Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Dunia Travel | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com